Recent Posts

banner image

10 Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Irit dan Enak

Heterosiana - Menjalani puasa di Bulan Suci Ramadhan memang menjadi aktivitas wajib tahunan yang dilaksanakan oleh seluruh umat muslim di dunia. Bulan Ramadhan selalu dinantikan kehadirannya karena memberikan kesan dan momen istimewa dibandingkan bulan-bulan lainnya.
Dengan menjalani puasa sebulan penuh, umat muslim di seluruh dunia akan berlomba-lomba untuk menjadikan puasa ramadhannya lebih istimewa dan bermakna. Baik melalui kegiatannya selama puasa maupun pada menu berbuka dan sahurnya yang akan lebih istimewa.
Namun tentunya kita tidak boleh asal makan makanan saat berbuka puasa. Karena sangat disarankan agar menyantap makanan yang mampu mengembalikan nutrisi dan energi yang hilang selama menjalani puasa. Nah lantas menu apa saja yang cocok untuk disantap saat berbuka puasa? Berikut ini ada 10 rekomendasi menu berbuka puasa yang enak namun juga simple nan irit.
1. Teh hangat dan beberapa biju kurma
Mengonsumsi kurma baik saat berbuka maupun sahur memang sangat disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Selain rasanya yang manis nan legit, kandungan gula alami pada kurma juga sangat bagus untuk mengembalikan energi yang terbuang selama berpuasa. Jumlah kurma yang dianjurkan untuk dikonsumsi sendiri cukup 3 butir saja.
3 butir kurma sendiri sudah dapat mengembalikan gula darah selama berpuasa. Sekedar informasi, dalam 100gram kurma atau setara dengan 10 butir kurma sudah mengandung 75 gram karbohidrat dan 282 kalori yang sangat penting untuk tubuh. Ditambah dengan teh hangat yang melegakan tenggorokan.
2. Bubur Sumsum
Siapa sih yang tak suka dengan jenis bubur yang satu ini? Ya bubur sumsum yang memiliki tekstur bubur yang sangat lembut dan sangat mudah dicerna ini umumnya memiliki cita rasa yang gurih dari santan. Ditambah lebih kaya rasa lagi dengan kuah dari gula jawa yang berwarna kecoklatan. Sangat cocok juga untuk menu berbuka puasa.
3. Kolak
Rasanya tak lengkap kalau selama Bulan Ramadhan tidak mencoba salah satu makanan takjil ini. Ya kolak memang selalu mengiringi bulan ramadhan. Dengan kombinasi beragam buah seperti pisang, umbi, maupun biji salak, kolak selalu menawarkan cita rasa yang khas dan kuah yang menyegarkan.
4. Es Kelapa Muda
Dari yang segar-segar ada es kelapa muda yang sangat mudah ditemui di sepanjang jalan ataupun mau buat sendiri juga sama nikmatnya. Kandungan yang terdapat pada es kelapa tentunya sangat banyak salah satunya bisa mengembalikan ion tubuh yang hilang selama berpuasa.
5. Es Cendol Dawet
Masih seputaran dunia es yang menyegarkan kali ini ada minuman yang bahkan tiap daerah memiliki versinya masing-maising. Intinya es cendol dawet sangat menyegarkan dan cocok untuk minuman berbuka puasa. Perpaduan cendol yang kenyal ditambah santan yang gurih dan manisnya dari gula jawa asli tentunya sangat menggairahkan.
6. Sop Ayam
Makanan yang satu ini memang sangat disukai banyak. Dengan rasa sup yang menyegarkan khas kuah kaldu ayam ditambah lagi dengan beragam sayuran segar yang ada di dalam sop membuat sup ini tak hanya kaya cita rasa melainkan juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.
7. Sayur Lodeh
Walaupun terkesan sederhana, sayur lodeh masih menjadi juaranya untuk lidah orang Indonesia. Selain sayurnya yang gurih dengan santan kental, proses pembuatan sayur lodeh juga cukup simple. Cocok banget dimakan bareng gorengan maupun ayam goreng.
8. Sambal Goreng Kentang
Resep sederhana turun temurun ini juga simple. Dengan bahan utama ada pada kentang yang kaya akan kandungan gizi dan mengenyangkan ditambah dengan cita rasa khas sambel yang pedas bakal cocok banget dilidah orang Indonesia.
9. Sayur Bayam
Sayur bayam juga masih menjadi sayur bening favorit banyak orang Indonesia. Bayam sendiri memiliki kandungan zat besi dan vitamin B yang sangat bagus untuk tubuh. Namun ingat jika sayur bayam sudah lebih dari 6 jam sudah tidak bisa dikonsumsi, karena bayam akan mengeluarkan kandungan toksinnya dan malah beracun jika dimakan.
10. Sayur Asem
Tak berbeda jauh dengan sayur bayam ada sayur asem yang memiliki cita rasa yang masam namun sangat nikmat jika disantap dengan nasi yang masih hangat dan berbagai macam gorengan. Cara pembuatan sayur asem pun tak kalah simple ya.
Nah itu dia 10 rekomendasi menu berbuka puasa yang dari proses pembuatannya terbilang simple namun juga enak. Sebenarnya masih ada banyak lagi menu berbuka puasa lainnya yang sehat, praktis dan nikmat. Namun tentu setiap orang memiliki seleranya masing-masing dalam menyantap hidangan berbuka puasa.
10 Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Irit dan Enak 10 Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Irit dan Enak Reviewed by Rozak Saputra on May 15, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.