Recent Posts

banner image

Posisi Kaki Saat Sujud. Dirapatkan atau Direnggangkan? Simak Ulasan Berikut ini



Assalamualaikum Sobat Siana, kali ini kita akan membahas tentang posisi kaki yang sebenarnya dalam gerakan sujud. Simak yuk ulasan berikut ini:
Sholat merupakan kegiatan atau kewajiban umat islam. Sholat memiliki gerakan-gerakan tersendiri yang harus dilakukan sesuai dengan dalil baik Quran maupun hadist.
Salah satu gerakan sholat yang paling utamaadalah sujud. Sujud merupakan posisi dimana kita sangat dekat dengan sang Pencipta.
Nah, kali ini kita akan membahas posisi kaki saat sujud berdasarkan rasulullah yang tercantumkan dalam hadist.
Mimin mau tanya, Bagaimana posisi kaki anda saat sujud? apakah anda regangkan kedua kaki? apakah anda rapatkan kedua tumit? dan apakah jari-jari kaki anda sudah melengkung menghadap kiblat?.
Simak la hadist oleh Aisyah radhiyallahu'anhu yang berkata.
"Saya kehilangan Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam (padahal awalnya beliau bersama saya ditempat tidur)... ternyata (setelah mencarinya dalam gelap, saya mendapatinya sedang sujud (dalam shalat), sambil merapatkan kedua tumitnya, dan menghadapkan ujung-ujung jari kakinya kekiblat....". yang diriwayatkan oleh Al-Thahawi dalam Al- Musykil (1/30), Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya (no. 654).


Dalam hadist tersbu sudah begitu jelas digambarkan bagaimana posisi kaki Rasulullah saat sujud. Ia merapatkan tumitnya dan menghadapkan kekiblat jari-jari kakinya.
Walaupun demikian, beberapa ulama menganggap hadist ini shahih namun juga ada pendapat yang lain. Pendapat lainnya adalah mensunahkan posisi kaki di regangkan, mengikut tangan juga diregangkan saat sholat.


Kesimpulan:
Kebanyakan orang belum mengetahui posisi kaki saat sujud adalah dirapatkan tumitnya, hal ini berdasakan hadist yang ada. Lantas sudahkah benar cara sujud anda?
Jangan lupa untuk mengklik share agar bias menjadi sebuah amal jariyah dan kasih komentar atau pesan dan kritika ya! Wassalamuailaikum!

Posisi Kaki Saat Sujud. Dirapatkan atau Direnggangkan? Simak Ulasan Berikut ini Posisi Kaki Saat Sujud. Dirapatkan atau Direnggangkan? Simak Ulasan Berikut ini Reviewed by Rozak Saputra on February 10, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.